Leet Media

Ini Arti dari Setiap Penempatan Produk di Supermarket yang Wajib Kamu Ketahui!

December 10, 2024 By Zahra Nizar

Pasti kalian pernah dateng ke supermarket dan bertanya-tanya kenapa produk tersebut sudah tertata rapi dengan sendirinya. Ternyata, penempatan setiap produk  sudah ada strateginya. Hal ini dijelaskan oleh Pakar Marketing dan Managing Partner Inventure, Yuswohady, produk seperti coklat, permen dan barang diskon sering diletakkan di depan kasir ialah untuk mendorong pelanggan melakukan impulsive buying, yang artinya pelanggan dapat membeli barang tanpa berpikir panjang. Dengan menempatkan produk menarik di area yang mudah dijangkau ini, supermarket juga berusaha untuk menarik perhatian pembeli sejak awal. Hal ini menunjukkan bahwa penempatan yang tepat dapat mempengaruhi keputusan pembelian terhadap konsumen. 

Point of Purchase Merchandising  

Sistem penempatan produk ini dikenal dengan istilah point of purchase merchandising. Ini adalah teknik yang mengatur tata letak barang di toko ritel untuk memaksimalkan penjualan. Misalnya, area makanan dan obat-obatan biasanya dirancang sedemikian rupa agar mudah diakses dan menarik perhatian pengunjung. Dengan pengaturan yang tepat, konsumen lebih cenderung untuk membeli barang-barang tersebut saat mereka berbelanja. Strategi ini tidak hanya meningkatkan penjualan tetapi juga memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik bagi pelanggan.

Penempatan Produk Diskon 

Strategi lain yang umum digunakan ialah penempatan produk diskon. Biasanya, barang-barang yang sedang diskon diletakkan di rak paling bawah atau di lorong bagian belakang. Penempatan ini bertujuan agar banner diskon lebih mudah terlihat oleh pelanggan. Dengan cara, supermarket dapat menarik perhatian pembeli terhadap penawaran khusus dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian yang impulsif. Diskon yang ditempatkan dengan baik dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen yang mencari nilai lebih dalam berbelanja.

Menarik Perhatian dengan Telur, Roti dan Susu 

Supermarket juga menempatkan barang-barang seperti roti, susu, dan telur di bagian belakang toko. Tujuannya ialah agar pelanggan harus melewati berbagai rak lainnya sebelum mencapai barang-barang tersebut. Hal ini meningkatkan kemungkinan mereka untuk melihat dan membeli produk lain yang mungkin tidak mereka rencanakan sebelumnya. Dengan strategi ini, supermarket dapat memanfaatkan kesempatan untuk meningkatkan penjualan produk lain yang mungkin menarik bagi konsumen.

Kesegaran Buah dan Sayur 

Buah dan sayur selalu ditempatkan di posisi depan lorong supermarket, karena bertujuan untuk memberikan kesan yang fresh kepada pembeli. Dengan menampilkan produk segar di area yang mudah dijangkau ini, supermarket dapat menciptakan daya tarik visual yang kuat bagi pelanggan. Oleh karenanya, kesegaran buah dan sayur dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dan menciptakan pengalaman belanja yang positif. 

Sehingga, dalam penempatan produk ini, konsumen dapat lebih bijak dalam memilih barang atau produk saat berbelanja. Supermarket juga tidak hanya berfungsi sebagai tempat belanja saja, melainkan juga sebagai tempat yang dirancang untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen secara efektif. Melalui pemahaman ini, pelanggan dapat lebih sadar akan taktik pemasaran yang digunakan dan menjadi informasi tambahan yang lebih saat berbelanja.